MANUVER SUSNO DHUAJI


Seorang komisaris besar bintang tiga menggegerkan institusinya sendiri dengan manuver manuver yang mengagetkan pihak kepolisian khususnya dan indonesia pada umumnya, Ia membeberkan semua bobrok kepolisian dengan mafia kasusnya, tak tanggung tanggung dua jenderal beserta penyidik dari kepolisian terseret, bukan hanya itu jaksa dan hakim yang menngani kasus tersebut pun ikut terseret, dan markus yang ia sebut Mr. X pun terbongkar .Kasus markus(mafia kasus) di lingkungan pajak memang membuat publik terhenyak . bagaimana tidak! Semua institusi penegak hukum di negeri ini ikut terlibat dalam jual beli hukum yang di lakukan oleh seorang bernama Gayus Tambunan, dari mulai kepolisian kejaksaan bahkan sampai hakim pun ikut terliabat. Ini menjadi bukti bahwa negeri ini memang sangat memprihatinkan dalam hal penegakkan hukum. Para mafia dengan mudahnya mengatur dan memainkan kasus demi kasus korupsi yang ada .

Dan sang aktor di balik terbongkarnya semua itu tak lain adalah Susno Dhuaji, mantan kabreskrim di lingkungan instansi kepolisian. ia di lengserkan akibat manuvernya tentang cicak vs buaya yang ia lontarkan beberapa waktu lalu saat KPK dan Kepolisian berseteru.Gencarnya Susno Dhuaji membongkar kasus kasus mafia kasus khususnya di lingkungan  pajak tak ayal membuat pihak kepolisian geram , polisi pun segera memburu Susno dengan berbagai alasan . dari mulai di jadikanya saksi dari kasus gayus tambunan hingga kasus pelanggaran kode etik kepolisian yang juga menyeret namanya. pihak kepolisian mengatakan melalui Kadiv Humas Mabes Polri “penangkapan susno sudah sesuai prosedur”. Namun hal ini di tolak oleh pihak Susno yang di wakili oleh kuasa hukumnya  “penangkapan susno dhuaji oleh pihak kepolisian sarat dengan motif balas dendam” . hal ini di buktikan dengan tak jelasnya alasan penangkapan susno .

bahkan ketika di tangkap pertama kali di bandara internasional Soekarno Hatta beberapa waktu lalu, penangkapan Susno tak ayalnya seperti penangkapan  seorang teroris. Dan hal itu pula yang membuat beberapa pihak kecewa dan bahkan geram, beberapa advokat berkumpul mendukung Susno. tak hanya itu , masyarakat pun banyak yang berempati terhadap dirinya .walaupun beberapa jam kemudian Susno Dhuaji di lepaskan kembali. Tak ayal hal ini pun membuat pihak kepolisian kembali tercoreng oleh sikapnya sendiri. Masyarakat menilai bahwa tindakan reaktif kepolisian adalah bentuk kepanikan akan kasus kasus yang telah di beberkan oleh Susno Dhuaji, maka dari itu kepolisisan segera menangkap Susno dengan seenaknya ketika iya hendak berobat ke singapura.

Berbagai kalangan menilai tindakan yang di lakukan Susno Dhuaji perlu mendapat apresiasi dan perhatian lebih dari pemerintah , karna jika tidak ada perhatian dan perlindungan orang orang seperti Susno akan gentar dengan sikap reaktifnya pihak kepolisian . LPSK atau lembaga perlindungan saksi harus segera memberi perlindungan , dalam hal ini Susno Dhuaji yang telah di panggil beberapa kali oleh pihak kepolisisan. Dengan dalih sebagai saksi dalam kasus Gayus Tambunan . Susno kembali berulah dengan tidak menghiraukan panggilan pihak kepolisian. namun akhirnya Susno memenuhi panggilan pihak kepolisian dan beberapa jam setelah di periksa Susno di jadikan tersangka oleh pihak kepolisian dalam kasus PT Arwna. Pihak kuasa hukum Susno heran dengan di jadikanya Susno sebagai tersangka olah pihak kepolisian, alasanya karna Susno di periksa dalam kasus Gayus Tambunan dan dijadikanya Susno Dhuaji tersangka itu tanpa bukti hanya pernyataan dari dua orang. Ini jelas ada semacam penjeratan terhadap Susnon Dhuaji . karna inti kasusnya yaitu Gayus Tambunan tidak di usik oleh pihak kepolisian yang jelas jelas menyeret dua jendral dari instansi penegak hukum tersebut namun PT arwana yang tadinya tidak ada kini muncul untuk menjerat Susno Dhuaji. LPSK pun bertindak cepat setelah di jadikanya Susno Dhuaji sebagai tersangka , ia menjamin Susno Dhuaji ada dalam perlindungan lembaga tersebut , dan soal pemindahan atau tidaknya Susno Dhuaji dari mako brimob ke tempat lain pihak LPSK belum dapat memastikan.

Pihak kuasa hukum Susno Dhuaji pun tidak tinggal diam , mereka mengajukan pra peradilan terhadap kasus yang di tujukan terhadap kliennya. Namun hal ini di amini oleh pihak kepolisian dan mengatakan bahwa penangkapan dan di jadikanya Susno sebagai tersangka sudah sesuai prosedur. Pihak kepolisian pun menyarankan agar hakim menolak pra peradilan yang di ajukan oleh kuasa hukum Susno Dhuaji. Dan pada akhirnya pada tanggal 31 Mei kemarin hakim pengadilan jakarta selatan pun benar benar menolak pra peradilan tersebut. Dan hakim memerintahkan agar kepolisian dapat melanjutkan proses hukum Susno Dhuaji.

 

About muhammad muaz

kalem,kaku....
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s